
Perlu diperhatikan sebelum melangkah ke "Apa itu Desain publikasi?", pertama kita harus tahu tentang apa yang dimaksud Desain Komunikasi Visual? berikut ini sedikit pengertian mengenai desain komunikasi visual (DKV).
Desain komunikasi visual merupakan ilmu yang mempelajari tentang penyampaian pesan (komunikasi) kepada audience dengan menggunakan elemen-elemen visual atau rupa seperti titik, garis, bentuk, warna, tekstur dan tipografi dengan bantuan teknologi.
Desain Publikasi
Istilah desain berasal dari bahasa (Perancis) "Desainer" yang berarti "menggambar" / "merancang", atau dapat juga diartikan dalam pengertian "merancang, menciptakan bentuk, merancang pola dua maupun tiga dimensi, memilih dan menyusun, memecahkan masalah yang bertujuan menciptakan susunan, organisasi".
Kemudian dari bahasa (Italia) "Designo" artinya "gambar".
Menurut beberapa pendapat ada yang mengatakan bahwa desain adalah:
1. Sebuah rancangan
2. Sebuah gambar rencana
3. Sebuah gambar untuk merencanakan bentuk benda.
4. Sebuah konsep dari suatu rencana.
5. Sebuah proses kreatif (seni).
Desain adalah pemecahan suatu masalah dengan diawali melihat situasi dan kondisi untuk mendapatkan hasil yang baru. Bertujuan akhir untuk mendapatkan efektifitas kerja alat yang maksimal.
Desain dapat disebut sebagai "usaha kreatif dalam menciptakan suatu bentuk produk yang mengandung nilai (value) sehingga memiliki nilai tambah
Menurut Kamus istilah Desain Grafis dan Periklanan (Maria Regina, 2008)
- Desain : menciptakan sesuatu yang dimulai dengan konsep hingga menjadi hasil akhir yang diharapkan.
- Publikasi : membuat sesuatu menjadi umum dengan menyebarkan di media.
Desain publikasi adalah menciptakan dan menyampaikan pesan menggunakan unsur-unsur visual dan kreativitas melalui berbagai media kepada masyarakat.
Istilah “Desain Publikasi” merupakan nama lain dari istilah “Desain Periklanan”.
- Mission (Penetapan Tujuan)
- Money (Keputusan tentang Anggaran)
- Message (Keputusan tentang Pesan)
- Media (Penetapan Media yang digunakan)
- Measurement (Evaluasi mengenai Kampanye)
Tujuan Iklan Berdasarkan Sasarannya
- Iklan Informatif
Bertujuan untuk memberitahukan kepada pasar tentang produk baru, perubahan harga, cara kerja, mengurangi kecemasan pembeli dan membangun citra perusahaan.
- Iklan Persuasif (bujukan)
Persuasif memeiliki arti bujukan atau membujuk, sehingga dapat diartikan bahwa iklan persuasif bertujuan membujuk pembeli untuk membeli produk itu segera dan membentuk permintaan selektif merek tertentu.
- Iklan Pengingat
Sesuai dengan namanya, iklan ini bertujuan untuk mengingatkan konsumen tentang produk yang sudah mapan, menunjukan produk yang mungkin akan dibutuhkan, dan membuat konsumen tetap ingat terhadap roduk meskipun sudah tidak musimnya (Trend).
- Iklan Penambah Nilai
Tujuan iklan ini adalah untuk menambah nilai merek dengan berinovasi dan membuat merek dipandang lebih bergaya, elegan dan mungkin super dalam persaingan.
...
Desain Publikasi atau desain periklanan dapat diartikan bahwa desain publikasi merupakan desain yang disampaikan kepada masyarakat umum melalui sebuah media baik cetak seperti baliho maupun elektronik.
Sepertinya sampai disini dulu pembahasan tentang desain publikasi, apabila ada tambahan bisa dicantumkan di kolom komentar ya. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.
. . .
Comments
Post a Comment