Skip to main content

Apa itu Desain Publikasi ?

 


Perlu diperhatikan sebelum melangkah ke "Apa itu Desain publikasi?", pertama kita harus tahu tentang apa yang dimaksud Desain Komunikasi Visual? berikut ini sedikit pengertian mengenai desain komunikasi visual (DKV).

Desain komunikasi visual merupakan ilmu yang mempelajari tentang penyampaian pesan (komunikasi) kepada audience dengan menggunakan elemen-elemen visual atau rupa seperti titik, garis, bentuk, warna, tekstur dan tipografi dengan bantuan teknologi.

Desain Publikasi

Istilah desain berasal dari bahasa (Perancis) "Desainer" yang berarti "menggambar" / "merancang", atau dapat juga diartikan dalam pengertian "merancang, menciptakan bentuk, merancang pola dua maupun tiga dimensi, memilih dan menyusun, memecahkan masalah yang bertujuan menciptakan susunan, organisasi".

Kemudian dari bahasa (Italia) "Designo" artinya "gambar".
Menurut beberapa pendapat ada yang mengatakan bahwa desain adalah:
1. Sebuah rancangan
2. Sebuah gambar rencana
3. Sebuah gambar untuk merencanakan bentuk benda.
4. Sebuah konsep dari suatu rencana.
5. Sebuah proses kreatif (seni).

Desain adalah pemecahan suatu masalah dengan diawali melihat situasi dan kondisi untuk mendapatkan hasil yang baru. Bertujuan akhir untuk mendapatkan efektifitas kerja alat yang maksimal.

Desain dapat disebut sebagai "usaha kreatif dalam menciptakan suatu bentuk produk yang mengandung nilai (value) sehingga memiliki nilai tambah

Menurut Kamus istilah Desain Grafis dan Periklanan (Maria Regina, 2008)
  • Desain : menciptakan sesuatu yang dimulai dengan konsep hingga menjadi hasil akhir yang diharapkan.
  • Publikasi : membuat sesuatu menjadi umum dengan menyebarkan di media.
Desain publikasi adalah menciptakan dan menyampaikan pesan menggunakan unsur-unsur visual dan kreativitas melalui berbagai media kepada masyarakat. 

Istilah “Desain Publikasi” merupakan nama lain dari istilah “Desain Periklanan”.


Manajemen Desain Publikasi / Periklanan
  • Mission (Penetapan Tujuan)
  • Money (Keputusan tentang Anggaran)
  • Message (Keputusan tentang Pesan)
  • Media (Penetapan Media yang digunakan)
  • Measurement (Evaluasi mengenai Kampanye)
Tujuan Iklan Berdasarkan Sasarannya
  • Iklan Informatif
Bertujuan untuk memberitahukan kepada pasar tentang produk baru, perubahan harga, cara kerja, mengurangi kecemasan pembeli dan membangun citra perusahaan.
  • Iklan Persuasif (bujukan)
Persuasif memeiliki arti bujukan atau membujuk, sehingga dapat diartikan bahwa iklan persuasif bertujuan membujuk pembeli untuk membeli produk itu segera dan membentuk permintaan selektif merek tertentu.
  • Iklan Pengingat
Sesuai dengan namanya, iklan ini bertujuan untuk mengingatkan konsumen tentang produk yang sudah mapan, menunjukan produk yang mungkin akan dibutuhkan, dan membuat konsumen tetap ingat terhadap roduk meskipun sudah tidak musimnya (Trend).
  • Iklan Penambah Nilai
Tujuan iklan ini adalah untuk menambah nilai merek dengan berinovasi dan membuat merek dipandang lebih bergaya, elegan dan mungkin super dalam persaingan.

...
Desain Publikasi atau desain periklanan dapat diartikan bahwa desain publikasi merupakan desain yang disampaikan kepada masyarakat umum melalui sebuah media baik cetak seperti baliho maupun elektronik.

Sepertinya sampai disini dulu pembahasan tentang desain publikasi, apabila ada tambahan bisa dicantumkan di kolom komentar ya. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

. . .

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Fotografi di Indonesia

Pada kesempatan sebelumnya telah saya publish artikel tentang sejarah fotografi di Dunia, selanjutnya akan saya lanjutkan dengan sejarah fotografi di Indonesia. Berikut ini catatan ringkas tentang sejarah fotografi di Indonesia. Perkembangan Fotografi di Indonesia Kassian Cephas 15 Januari 1845 – 1912 Beliau lahir dari pasangan Kartodrono dan Minah . - 1860an - Cephas mulai belajar menjadi fotografer profesional. - Beliau magang pada Isidore van Kinsbergen , fotografer yang bekerja di Jawa Tengah pada tahun 1863-1875. - Tetapi juga ada yang menyebutkan bahwa beliau belajar kepada seorang yang bernama Simon Williem Camerik . - Kassian Cephas menjadi fotografer pada abad ke-19 dimana saat itu masih asing dan belum tersentuh penduduk pribumi. - Beliau menjadi fotografer khusus Keraton pada masa Sultan Hamengku Buwono VII. -  Hasil Karya foto fotonya dimuat dalam buku karya Isaac Groneman  (seorang Dokter yang banyak membuat buku-buku tentang kebudayaan Jawa) d an buku karya Gerr...

Budaya Kerja Industri

... Pengertian Budaya Kerja Secara sederhana, budaya kerja adalah suatu falsafah yang didasari oleh nilai-nilai sebagai pandangan hidup suatu kelompok manusia dalam bekerja. Nilai-nilai ini kemudian membentuk kebiasaan yang diulang-ulang sehingga menjadi budaya kerja. Definisi Budaya Kerja Menurut Para Ahli  * Mangkunegara (2005): Budaya kerja adalah asumsi atau sistem keyakinan, nilai-nilai serta norma yang dikembangkan dalam perusahaan dan menjadi pedoman tingkah laku bagi anggotanya untuk mengatasi masalah integrasi internal maupun adaptasi eksternal.  * Schein (1992): Budaya kerja adalah pola asumsi dasar yang diciptakan, ditemukan, atau dikembangkan oleh kelompok tertentu dan yang telah teruji dengan cukup baik untuk dianggap valid dan karena itu diajarkan kepada anggota baru sebagai cara yang benar untuk memahami, berpikir, dan merasakan berkaitan dengan masalah-masalah tersebut. Unsur-Unsur Budaya Kerja  * Nilai-nilai (values): Konsep-konsep yang diangg...